5 Alasan Perlunya Memiliki Financial Planning Sejak Muda

financial planning anda

Kebanyakan anak muda sering membeli barang barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Hal ini disebabkan karena kebutuhannya yang tidak sebanyak saat sudah berumah tangga dan memiliki anak. Namun, tahukan kamu bahwa memiliki perencanaan keuangan sejak masih musa sangatlah penting. Apalagi jika kamu menginginkan kondisi keuangan yang baik di masa depan nantinya. Berikut ini 5 keuntungan yang bisa kamu peroleh jika memiliki financial planning.

5 Keuntungan Memiliki Perencanaan Keuangan di Masa Muda

1. Melindungi Diri dari Krisis

Mungkin rasanya menyenangkan jika setelah mendapatkan gajianm, lalu menggunakannya untuk membeli barang yang disukai. Namun, jangan pernah melupakan jika tidak selamanya seseorang berada pada kondisi keuangan yang baik. Beberapa masalah yang berhubungan dengan keuangan diantaranya kehilangan pekerjaan atau sakit keras. Jika kamu tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik, pastinya kamu akan merasa kesulitan untuk mengatasinya.

financial planning ini dia

2. Membiayai Asuransi

Beberapa orang menyadari mengenai kondisi buruk yang bisa saja terjadi seperti kecelakaan maupun meninggal dunia. Untuk menjamin keuangan di masa tersebut, seseorang akan membeli asuransi. Namun, sebelum dapat menikmati fasilitas yang diberikan, seseorang harus membayar premi terlebih dahulu. Dengan perencanaan keuangan, maka seseorang dapat membiayai asuransi. Namun, membeli asuransi tentunya harus dipertimbangkan dengan baik.

3. Membeli Aset Berharga

Jangan membiarkan penghasilan habis untuk pembelian yang tidak jelas. Jika hasil kerjamu hanya dibuat untuk membeli baju branded atau makanan yang enak di restoran, bagaimana untuk mewujudkan impian memiliki rumah di usia muda. Jika membeli rumah bisa dilakukan sejak muda mengapa tidak? Dengan memiliki financial planning, maka kamu bisa merumuskan kebutuhan yang memang harus dipenuhi dan menyisihkan uang untuk pembelian aset berharga.

4. Menghindari Hutang

Memiliki hutang bisa menyebabkan penghasilan yang kamu dapatkan cepat habis. Baru kemarin mendapatkan gajian, lalu sekarang uang hilang tak tersisa. Padahal masih banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi. Maka dari itu, kamu membutuhkan perencanaan keuangan untuk mngontrol pengeluaran setiap waktu, baik harian, mingguan hingga bulanan.

financial planning untuk anda

Kondisi ini akan mencegah kamu bersifat konsumsif dan boros yang menyebabkan hutang. Mungkin pada kondisi tertentu, kamu harus berhutang untuk membiayai keperluan tertentu. Namun, dengan perencanaan keuangan ini maka kamu bisa mengambil langkah terbaik ketika kondisi keuangan sedang stabil. Sehingga kamu bisa segera melunasinya.

5. Untuk Membesarkan Anak Anak

Mungkin saat ini posisi kamu belum memiliki anak. Namun, ketika sudah memasuki menikah, maka kamu membutuhkan biaya yang lebih besar untuk memenuhi kebutuhan hidup. Apalagi jika kamu seorang pria yang memiliki kewajiban lebih besar untuk membiayai kebutuhan rumah tangga. Menyiapkan keuangan yang baik, tidak harus menunggu jika sudah berumah tangga dan memiliki anak. Jika penghasilan kamu saat ini sangat mencukupi, mengapa tidak?

Kamu bisa menyiapkan hal hal tersebut mulai dari sekarang dengan perencanaan keuangan. Banyak orang tua yang akhirnya kesulitan saat sudah berumah tangga, karena tidak bisa mengelola keuangan yang baik masa mudanya. Apalagi nantinya akan banyak biaya yang harus kamu keluarkan untuk membesarkan anak hingga membiayai pendidikan. Bahkan jika kondisi keuanganmu terjaga dengan baik, kamu juga bisa menikmati masa pensiun dengan nyaman.

Itulah beberapa keuntungan jika memiliki perencanaan keuangan di masa muda. Dengan melakukan perencanaan, maka kamu bisa melakukan evaluasi setiap waktu mengenai apa yang membuat keuangan tidak stabil. Selain itu, kamu bisa mengurangi untuk membeli barang barang yang tidak perlu. Jika kamu tidak bisa melakukanya sendiri karena keterbatasan waktu, maka kamu bisa menggunakan bantuan perencana keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *