5 Dampak Virus Corona Terhadap Berbagai Sektor di Indonesia

Dampak Virus Corona

Lockdown menjadi pilihan utama untuk bisa memutus penyebaran pandemi covid 19 yang sudah mewabah hampir selama beberapa bulan. Namun tanpa sadar adanya lockdown selama beberapa bulan ini mempengaruhi berbagai sektor. Tak heran jika banyak pro dan kontra mengenai pelaksanaan lockdown selama beberapa bulan. Ada beberapa sektor yang terkena dampak langsung dari pandemi tersebut. Berikut ulasan selengkapnya.

Pengaruh Virus Corona Terhadap Beberapa Sektor

1 Sektor Ekonomi

Sektor yang langsung terkena akibat dari adanya Covid 19 adalah ekonomi. Imbas pada sektor ekonomi ini langsung memukul rata semua sektor perekonomian di Indonesia. Investor akan menurun ataupun gulung tikar seperti yang sudah dialami oleh Italia. Sektor ekonomi ini juga langsung dialami oleh para pekerja ataupun buruh yang harus di PHK secara serempak untuk bisa tetap menjalankan bisnis yang sudah didirikan.

Dampak Virus Corona kominfo kemenkeu kita virus corona

2. Sektor Wisata

Pariwisata adalah salah satu sektor yang sangat terkena imbasnya dibandingkan sektor lainnya. Ketika sebuah negara telah melakukan lockdown, maka tursi pun dilarang untuk memasuki negara tersebut. Tidak hanya turis mancanegara, namun juga berlaku untuk turis domestik yang dilarang untuk bepergian ke tempat tempat yang ramai dikunjungi untuk wisata. Hal ini kemudian berpengaruh pada penutupan tempat wisata selama waktu yang tidak ditentukan.

Contohnya adalah beberapa tempat wisata di Bali atau di beberapa kota yang ramai menjadi destinasi wisata bagi para turis. Sehingga menyebabkan banyak sektor wisata yang tutup akibat dari pandemi tersebut. Selain itu pembatalan konser internasional ataupun jadwal pertandingan olahraga pun ikut terancam karena adanya bencana non alam Covid 19 ini. Penutupan wisata juga sangat mempengaruhi para pedagang kecil yang berjualan di area tersebut.

3. Sektor Pangan

Sektor yang cukup terkena dampak dari Coroa adalah pangan. Dimana ketersediaan pangan sudah pasti terganggu karena ancaman lockdown tersebut. Arus distribusi pangan pun akan terganggu karena adanya lockdown yang mulai diterapkan di beberapa kota besar. Selain itu kelangkaan bahan pokok pangan pun juga akan terganggu seperti keberadaan gula beberapa waktu lalu yang cukup sulit untuk didapatkan.

4. Sektor Sosial

Disadari atau tidak, akibat virus corona yang sudah mulai menyebar membuat aktivitas sosial menjadi berkurang. Adanya kebijakan lockdown ini akan mengurangi aktivitas sosial karena larangan untuk berkerumun dan menghadiri acara acara termasuk peribadatan.Hal ini juga pernah dialami oleh Vatikan dimana perayaan paskah tidak dihadiri oleh publik. Selain negara luar, Indonesia pun juga merasakan ancaman Covid 19 tersebut.

Dampak Virus Corona ini

Hal ini pernah diterapkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang telah menerbitkan fatwa berupa larangan untuk menyelenggarakan shalat jumat bagi daerah zona merah. Selain itu ada juga larangan untuk melaksanakan shalat Idul Fitri karena bisa menjadi salah satu pemicu penyebaran Covid 19. Sehingga aktivitas sosial masyarakat pun menjadi terbatas dan banyak dilakukan di dalam rumah saja.

5. Sektor Transportasi

Sektor yang cukup terpengaruh karena adanya Covid 19 adalah transportasi. Sektor transportasi ini meliputi gojek hingga maskapai penerabagan yang mendapat imbas karena adanya kebijakan lockdown. Penumpang yang biasanya menggunakan transportasi publik sehari hari akan menurun drastis karena ketakutan berada di tengah publik. Mudahnya penyebaran virus ini bisa terjadi di tempat umum seperti bandara, pelabuhan, stasiun ataupun ruang publik.

Menyebarnya wabah Covid 19 adalah sebuah luka yang tak sadar mempengaruhi segala sektor. Hal ini juga karena adanya lockdown yang diupayakan pemerintah untuk memerangi Covid 19. Namun jika kita tetap melakukan anjuran pemerintah untuk menggunakan masker,menjaga jarak, menghindari kerumunan tentunya kita bisa memutus rantai penyebaran virus tersebut. Oleh karenanya yuk mulai jaga diri dengan menaati protokol kesehatan yang dianjurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *