Ga Semua Orang Tahu, Yuk Simak Apa Itu Struktur Organisasi Marketing Disini

ini struktur organisasi marketing ada

Setiap perusahaan memiliki struktur masing masing. Hal tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan tiap perusahaan. Salah satu bidang yang banyak digeluti oleh perusahaan adalah marketing. Struktur organisasi sendiri merupakan susunan dari tiap jabatan atau posisi pada sebuah perusahaan atau organisasi. Simak penjelasan di bawah ini mengenai struktur organisasi marketing yang terdapat pada sebuah perusahaan di bidang marketing.

Tugas Pokok dan Jabatan pada Sebuah Perusahaan Marketing

1. General Manager

General Manager adalah jabatan tertinggi yang ada ada sebuah perusahaan di bidang marketing. Dia adalah orang yang memiliki kewenangan dalam memimpin perusahaan. Orang yang memiliki jabatan tersebut juga harus bertanggung jawab terhadap semua sistem pada perusahaan. Namun pada saat menjalankan tugasnya mengatur sebuah perusahaan, seorang general manager akan dibantu oleh manager lain yang memiliki kualifikasi tersendiri.

ada struktur organisasi marketing ini

2. Direktur

Di bawah general manager terdapat posisi yang bernama direktur. Orang yang menjadi seorang direktur akan ditugaskan untuk melakukan koordinasi dari tiap tiap divisi. Orang yang menjabat sebagai seorang direktur pada sebuah perusahaan marketing juga harus memberikan laporan kepada general manager. Tugas lain yang diberikan kepada direktur adalah memimpin bagian bagian tertentu pada sebuah perusahaan.

3.General Affair, Mantenance, dan Quality Assurance Department

General affair adalah divisi yang memiliki tugas untuk menyediakan berbagai kebutuhan dan perlengkapan demi menunjang aktifitas sebuah perusahaan. Pada bidang yang sama juga terdapat divisi bernama mantenance department. Divisi mantenance department adalah divisi yang berkewajiban untuk memelihara perangkat untuk operasional sebuah perusahaan. Namun tidak semua perusahaan memiliki divisi tersebut.

Sementara untuk quality assurance department adalah sebuah divisi yang memiliki tugas untuk menjaga kualitas dari produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Produk yang tidak memenuhi standar juga akan dipisahkan oleh divisi ini. Sementara pada perusahaan jasa, divisi ini bertugas untuk mengawasi sistem yang diterapkan dalam melayani konsumen. Ketiga divisi ini memiliki garis komando yang sama pada sebuah perusahaan bidang marketing.

4. Personalia dan Accounting Department

Divisi personalia department bertugas untuk menjaga dan mengatur kualitas dari karyawan perusahaan. Mulai dari proses perekrutan, pergantian jabatan, mutasi, promosi, pemberian penghargaan, dan penilaian kinerja pada karyawan. Sementara untuk divisi accounting department bertugas untuk mengatur sirkulasi dana pada perusahaan tersebut. Mereka juga bertugas untuk melakukan audit kinerja dari divisi lain yang terdapat pada perusahaan marketing.

itu dia struktur organisasi marketing ini

5. R & D Development dan Marketing Department

Fungsi dari divisi R & D development pada dasarnya adalah melakukan penelitian dan juga pengembangan. Fokus dalam melakukan penelitian tersebut juga menyangkut semua kebutuhan dari perusahaan. Sementara untuk marketing department adalah divisi yang bertugas untuk memasarkan produk dari sebuah perusahaan. Divisi ini juga dianggap sebagai divisi yang berada pada ujung tombak sebuah perusahaan.

6. Public Relation dan Purchasing Department

Pada sebuah struktur organisasi marketing juga terdapat divisi lain yang memiliki jalur komando sejalur. Divisi tersebut adalah public relation dan purchasing department. Public relation department adalah divisi yang bekerja untuk membentuk citra dari sebuah perusahaan. Sementara purchasing department adalah divisi yang bertugas menjalin kerjasama dengan pihak supplier dari perusahaan. Mereka juga bertugas membeli bahan baku untuk produksi.

Sama seperti perusahaan lainnya, perusahaan di bidang marketing juga memiliki struktur tersendiri. Tiap tiap divisi pada struktur tersebut memiliki peran dan fungsinya masing masing. Jalur komando yang berbeda juga akan memudahkan pemimpin perusahaan memantau kinerja yang dilakukannya. Pemimpin perusahaan sendiri dijabat oleh seorang general manager dan dibantu oleh manager lain di bawahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *