Ingin Kembalikan Premi Asuransi Mobil Anda? Yuk Cari Tahu Syaratnya Di Sini

pengembalian premi asuransi mobil

Pemilik mobil tentu sudah tidak asing dengan asuransi mobil guna memberi perlindungan pada kendaraan anda. Keuntungan memiliki asuransi ini juga dapat menjadi dana darurat saat terjadi masalah dengan kerugian yang cukup besar, seperti kecelakaan atau goresan yang fatal. Oleh karena itu, banyak sekali nasabah asuransi untuk produk ini. Pengembalian premi asuransi mobil tidak jarang juga dibutuhkan di waktu yang mendesak. Yuk intip syarat dan caranya di sini!

Syarat Kembalikan Premi yang Dibayarkan untuk Asuransi Mobil

Premi yang harus dibayarkan setiap bulan kadang kala memberatkan karena kondisi ekonomi yang tidak selalu stabil. Oleh karena itu, banyak nasabah yang ingin meminta pengembalian uang premi yang telah dibayarkan. Dana ini dapat anda peroleh jika belum pernak melakukan klaim dalam jangka waktu tertentu. Perhitungan yang dilakukan perusahaan dilakukan atas satu periode asuransi mobil yang belum anda pakai, sehingga refund masih bisa anda terima.

pengembalian premi asuransi

Syarat kedua agar refund premi produk asuransi mobil dapat anda terima, yaitu pernah mengajukan klaim parsial. Apabila anda berada pada syarat kedua ini, harus menunggu dalam waktu tertentu karena prosesnya membutuhkan waktu. Biaya klaim yang pernah anda ajukan selama periode asuransi akan dihitung terlebih dahulu. Jika nilai klaim lebih kecil daripada premi yang anda bayarkan, maka refund dapat dilakukan dan dana akan segera dicairkan.

Pengembalian dana premi produk asuransi ini tidak dapat dilakukan apabila anda pernah klaim total. Klaim total ini dapat berarti nilai sama dengan besarnya premi atau bahkan lebih besar. pada tahap ini sangat jelas bahwa nasabah tidak akan mendapat pengembalian dana yang telah diajukan. Tidak hanya itu, jaminan polis asuransi mobil anda juga otomatis akan berhenti. Dengan begitu, proses ini sama dengan penutupan polis asuransi yang anda miliki.

Langkah Langkah untuk Kembalikan Premi Produk Asuransi Mobil

Pengembalian premi asuransi mobil dapat anda lakukan dengan memberi surat pemberitahuan secara tertulis kepada perusahaan terkait. Bila memanfaatkan broker, anda cukup memberi surat kepada broker asuransi terkait refund yang diinginkan. Setelah itu, broker akan memberi info tersebut kepada perusahaan asuransi. Pastikan anda mengajukan refund atau pembatalan polis asuransi mobil tidak lebih dari 7 hari sejak fisik mobil berubah atau ganti nama pemilik.

informasi mengenai pengembalian premi asuransi syariah

Setelah memberikan informasi kepada perusahaan asuransi, pihak tertanggung hanya perlu menunggu konfirmasi. Pengajuan ini berpotensi dijawab dengan dua hal, yaitu ditolak atau diterima. Proses ini memakan waktu cukup lama karena perusahaan harus memeriksa terkait klaim yang pernah terjadi. Jika anda memenuhi syarat yang ditetapkan oleh pihak asuransi, maka pengajuan refund ini akan diterima. Apabila tidak memenuhi syarat tentu akan ditolak.

Setelah pengajuan refund yang anda lakukan diterima, dana akan dibayarkan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi terkait. Jikalau anda tidak pernah klaim biaya asuransi sebelumnya, dana yang cair tidak mencapai 100%. Pemotongan biaya pajak, admin, dan beberapa biaya lainnya telah mengurangi premi yang selama periode tersebut telah anda bayarkan. Hingga proses pengembalian ini, waktu yang dibutuhkan relatif lama.

Refund premi produk asuransi memang membutuhkan waktu yang cukup lama karena banyak proses yang harus dilalui. Oleh karena itu, anda harus cukup bersabar saat mengurusnya. Ada baiknya jika anda tidak memilih produk asuransi agar tidak membuang waktu yang cukup lama. Lebih baik menabung secara mandiri karena dananya dapat digunakan sewaktu waktu, pun di waktu yang mendesak. Anda tidak perlu bingung mencairkan dana dengan proses yang cukup rumit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *