Ingin Menjalankan Usaha? Yuk Kenali Prosedur Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan

surat izin usaha perdagangan

Indonesia memang harus mulai sadar bahwa peluang bisnis yang dapat dilakukan itu sangat besar. Hal tersebut sangat penting agar pendapatan per kapita tiap tahunnya semakin naik atau meningkat. Pelaku bisnis yang semakin meningkat ini harus diimbangi dengan pengetahuan mengenai pembuatan surat ijin untuk menjalankan sebuah usaha. Ingin tahu prosedur untuk membuat SIUP dan jenis jenisnya? Yuk intip ulasannya secara lengkap di bawah ini!

Jenis Jenis dan Tempat Pembuatan SIUP

Surat izin usaha perdagangan terdiri atas beberapa jenis yang dikelompokkan dan telah diatur berdasarkan besar modal yang digunakan oleh para pelaku bisnis. Terdapat tiga kategori yang berbeda, pertama SIUP besar ditujukan untuk perusahaan dengan modal lebih dari 500 juta. Kedua SIUP menengah untuk perusahaan yang memiliki modal antara 200 hingga 500 juta. Ketiga SIUP kecil untuk perusahaan dengan modal dan kekayaan bersih lebih kecil dari 200 juta.

 contoh surat izin usaha perdagangan

SIUP ini harus dimiliki oleh setiap perusahaan yang didirikan di Indonesia agar bisnis yang anda jalankan lebih lancar. Hal tersebut juga menghindari segala hal yang mungkin terjadi di waktu yang akan datang. Untuk pembuatannya dapat anda lakukan di kantor kantor terdekat di kota anda, seperti Kantor Dinas Pergadangan di tingkat kabupaten atau Kota dan Kantor Pelayanan Perizinan setempat. Kedua kantor tersebut dapat melayani permohonan SIUP yang anda ajukan.

Prosedur Pembuatan SIUP

Prosedur pertama yang harus anda lakukan adalah mengambil formulir pendaftaran yang telah tersedia di kantor setempat yang berwenang. Di tingkat kabupaten atau kotamadya telah ada kantor yang berwenang untuk mengeluarkan SIUP untuk para pemilik usaha. Para pemilik usaha dapat mengambil formulir pendaftaran untuk perusahaannya. Jika anda berhalangan untuk ke kantor tersebut dapat memberi kuasa pada orang lain untuk melakukannya.

Tahap kedua adalah mengisi formulir pendaftaran dan membubuhkan tanda tangan pemilik usaha di dalamnya. Formulir ini diisi dengan benar dan lengkap, lalu difotokopi sebanyak dua rangkap dan siapkan materai 6000. Setelah itu, pemilik perusahaan dapat menandatangani formulir tersebut untuk mengajukan surat izin usaha perdagangan. Formulir ini harus anda gabungkan dengan persyaratan administrasi yang telah anda siapkan sebelumnya.

ini Pengertian Surat Perizinan Usaha Perdagangan Kegunaan dan Contohnya

Pada tahap ini anda dapat memanfaatkan jasa orang lain untuk melakukan pembuatan SIUP. Akan tetapi, yang harus diperhatikan adalah menyiapkan surat kuasa yang dilengkapi dengan materai 6000 dan telah ditandatangani oleh pemilik perusahaan. Dengan begitu, proses untuk membuat SIUP dapat anda lakukan dengan bantuan orang lain. Surat kuasa ini harus anda lampirkan bersamaan dengan formulir dan semua persyaratan pembuatan SIUP lainnya.

Tahap selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan pembayaran pembuatan SIUP sesuai dengan tarif yang telah ditentukan. Tarif ini berdasarkan peraturan daerah masing masing, sehingga memungkinkan biaya yang dibutuhkan berbeda beda. Setelah itu, proses ini memakan waktu sekitar 2 minggu dan anda dapat mengambil SIUP setelah jadi. Petugas akan menghubungi anda, lalu proses pengambilan dapat dilakukan di kantor tempat anda mengurus SIUP tersebut.

Setiap pelaku usaha wajib memiliki surat ijin untuk menjalankan usaha, baik yang memakai modal kecil maupun besar. oleh karena itu, sangat penting untuk memahami prosedur untuk membuat SIUP. Prosedur yang harus dilakukan ini secara garis besar sama untuk setiap daerah, meskipun tarif yang ditetapkan berbeda beda. Terdapat dua kantor berwenang yang ditunjuk untuk mengeluarkan SIUP itu. Sudahkah anda memiliki SIUP untuk usaha yang anda jalankan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *