Memahami Perbedaan PT dan CV Sebelum Memilih Badan Usaha

ini Perbedaan PT dan CV

Ketika seseorang berencana untuk membangun perusahaan, ada beberapa hal yang menyebabkan kebingungan memilih bentuk usaha yang tepat. Hal ini tentunya berhubungan dengan proses pendirian dan pengurusan pengurusan perusahaan nantinya. Salah satu bentuk perusahaan yang cukup banyak diminati adalah PT dan CV. Beberapa orang terkadang menganggap keduanya sama. Lalu apa perbedaan PT dan CV ? Yuk simak ulasan di bawah ini

Hal Hal yang Membedakan Antara PT dan CV

1. Syarat Pendirian Perusahaan

Hal yang membedakan antara bentuk perusahaan PT dan CV dapat dilihat dari syarat pendirian. CV didirikan harus didirikan oleh minimal dua orang. Selain itu, CV di daftarkan ke Sistem Administrasi Badan Usaha Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Sedangkan PT juga mewajibkan pendiri minimal dua orang, namun masing masing harus mengambil bagian saham. Selain itu, pendiriannya harus mengdapatkan pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

mau tau Perbedaan PT dan CV

2. Pemilihan Nama Perusahaan

Perbedaan kedua bentuk usaha tersebut juga dapat dilihat dari pemilihan nama perusahaan. Jika bentuk usaha PT, UU mewajibkan pemberian nama tidak boleh sama atau mirip dengan nama PT yang sebelumnya sudah ada. Tentunya untuk pemberian nama PT harus lebih kreatif. Berbeda dengan bentuk usaha CV yang lebih bebas memilih nama perusahaan. Bahkan CV bisa menggunakan nama yang mirip atau sama dengan CV yang sebelumnya sudah ada.

3. Pengurusan Perusahaan

Anda juga bisa mengetahui perbedaan PT dan CV dari segi kepengurusan suatu perusahaan. Pengurusan CV hanya diberikan kepada sekutu aktif yang berkewenangan mengurusnya. Sekutu pasif tidak melakukan pengurusan meskipun diberikan tugas untuk melakukan pengurusan. Sedangkan kepengurusan PT diberikan kepada Direksi dan bawahannya sesuai RUPS. Pemegang saham di perusahaan dalam bentuk PT tidak boleh melakukan pengurusan perusahaan.

4. Modal yang Disetorkan

Dari modal yang disetorkan, perusahaan dalam bentuk CV mewajibkan setiap sekutu memasukkan modal ke dalam perusahaan dengan nilai minimun yang tidak dibatasi, namun tetap berpengaruh terhadap pembagian keuntungan. Sedangkan modal dasar PT ditetapkan sesuai kesepakatan pendiri PT dan 25% dari modal tersebut harus ditempatkan dan disetorkan penuh oleh para pemegang saham kepada perusahaan.

mau tau Perbedaan PT dan CV anda

5. Tanggung Jawab

Perbedaan kedua bentuk usaha ini juga dilihat dari tanggung jawab yang dimiliki. Pada perusahaan dalam bentuk CV, beban diberikan kepada sekutu aktif. Namun, sekutu pasif juga dapat diberikan beban jika diikutkan dalam melakukan kepengurusan. Berbeda dengan PT, dimana jika terjadi kerugian, maka beban hanya ditanggung oleh PT tersebut. Sedangkan pemegang saham tidak bertanggung jawab dan hanya berkewajiban menyetor modal sesuai kesepakatan.

6. Bidang Usaha

Perbedaan keduanya juga dapat dilihat dari bidang usaha yang dijalankan. CV memiliki keterbatasan dalam memilih bidang usaha sehingga tidak memiliki ruang lingkup yang luas. Umumnya CV bergerak di bidang pembangunan, perdgangan, pertanian dan lain. Berbeda dengan PT yang dapat menjalankan bidang usaha sesuai keinginan tanpa ada batasan. Hal inilah yang menyebabkan bentuk usaha PT lebih banyak diminati di Indonesia.

Itulah beberapa perbedaan antara bentuk usaha PT dan CV. Jika ada menginginkan perusahaan yang sudah berbentuk hukum dengan cakupan bidang usaha yang lebih luas, maka pilihan yang tepat adalah bentuk PT. Sedangkan jika anda menginginkan pendirian perusahaan yang lebih mudah , maka pilihan yang tepat adalah bentuk CV. Perlu diingat bahwa modal yang didapatkan oleh PT tidak hanya berasal dari pemegang saham saja, namun dapat melalui obligasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *