Mengintip 5 Barang yang Sering Diburu Kolektor Barang Antik

kolektor barang antik di jakarta

Barang barang dari zaman dulu seperti guci tua atau batu akik, biasanya akan memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Tidak mengherankan jika banyak kolektor yang rela mengeluarkan uang hingga ratusan juta untuk mendapatkan benda benda antik tersebut. Bagi mereka, barang yang antik dan kuno adalah segalanya. Apalagi jika barang tersebut hanya ada satu dan hanya bisa dimiliki oleh orang tertentu saja. Berikut ini, 5 barang yang sering diburu kolektor barang antik.

5 Barang Antik Yang Kerap Diburu Kolektor

1. Mobil

Di Indonesia, para kolektor mobil tua atau antik masih terbilang banyak. Biasanya para kolektor ini akan berkumpul dalam suatu komunitas pecinta mobil antik tertentu. Umumnya, para kolektor ini rela membeli mobil kuno dan juga langka dengan harga ratusan juta. Apalagi jika mobil tersebut terkait dengan peristiwa atau tokoh tertentu, seperti mobil yang pernah dipakai oleh mantan presiden Soekarno atau tokoh lain. Bisa dipastikan, para kolektor akan memburu mobil antik dengan orisinalitas tinggi ini.

kolektor barang antik Tips Cara Menjadi Kaya Raya Tanpa Hutang Yang Harus Anda Ketahui

2. Lukisan

Salah satu barang atau benda antik yang sering kali diburu oleh kolektor adalah lukisan. Biasanya, akan ada beberapa hal yang menyebabkan suatu lukisan memiliki harga yang tinggi atau rendah. Misalnya siapa nama pelukisnya, medium lukisan, dan tema lukisan. Lukisan atau seni rupa dianggap memiliki nilai budaya dan juga nilai ekonomi, sehingga tidak heran jika ada banyak yang memburu lukisan untuk dikoleksi.

3. Uang Kuno

Jika Anda gemar mengoleksi uang kuno dan telaten menjaganya, maka besar kemungkinan Anda akan menjadi jutawan di masa depan. Pasalnya koin jaman dahulu memiliki nilai jual yang tinggi. Di pasar uang kuno, satu lembar uang Rp. 100 terbitan 1948 dengan gambar Soekarno bisa laku terjual seharga Rp 100 juta. Apalagi jika kondisi uang tersebut terbilang masih mulus, maka harganya bisa naik satu kali lipat.

4. Buku

Buku juga bisa menjadi salah satu barang yang diburu oleh para kolektor barang antik. Jadi, jika Anda hobi membaca dan mengoleksi buku maka barang tersebut bisa menjadi instrumen investasi. Pasalnya, buku buku keluaran lama memiliki daya tarik yang cukup tinggi di mata para kolektor. Apalagi jika buku tersebut lengkap dengan tanda tangan dan juga tulisan tangan asli dari pengarang atau tokoh tokoh terkenal. Semakin kuno dan populer buku, maka nilainya akan semakin mahal.

kolektor barang antik

5. Perangko

Kolektor perangko di Indonesia, juga tidak kalah banyak dengan kolektor benda antik lainnya. Jika berkunjung ke beberapa situs marketplace di bagian barang antik, maka disana Anda akan banyak menjumpai kolektor yang menjajakan perangko perangko tua. Dimana harga benda perangko tersebut dibanderol dengan harga beragam, mulai dari kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Salah satu perangko yang nilainya cukup mahal adalah perangko Wereld jamboree, dimana benda satu ini diterbitkan pada tahu 1864 dan memiliki cap pos Ngawi, Jawa Timur, Indonesia. Perangko Wereld Jamboree merupakan salah satu perangko yang populer di dunia, bahkan perangko zaman Hindia Belanda ini memiliki nilai Rp. 20 miliar karena keberadaannya yang sangat langka.

Bagi setiap kolektor, barang kuno dan bersejarah memiliki nilai yang tinggi dan merupakan instrumen investasi yang menjanjikan. Jika Anda tertarik dengan bisnis satu ini, ada baiknya selalu jeli dan lihai memilih barang barang yang kuno nan unik sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat lipat. Jadi dari beberapa barang kuno dalam ulasan ini, apakah ada yang menarik minat Anda untuk menjadi seorang kolektor?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *