Millenial Wajib Tahu, 5 Jenis Instrumen Investasi Yang Cocok Untuk Anak Muda

jenis instrumen investasi

Investasi tidak hanya ditujukan untuk orang yang sudah dewasa sekaligus yang sudah mapan dalam ekonomi. Para milenial yang sudah memiliki pemasukan bulanan juga seharusnya sudah mulai sadar pentingnya investasi. Dengan memulai investasi lebih awal maka keuntungannya juga akan berlipat di masa depan. Untuk itu, millenial wajib tahu jenis jenis instrumen investasi yang cocok untuk anak muda. Simak ulasannya berikut.

Instrumen Investasi Yang Cocok Untuk Anak Muda

1. Properti

Untuk kamu yang tidak ingin ribet, instrumen investasi sat ini bisa dilakukan. Kamu bisa membeli properti yang sesuai dengan kemampuan kamu. Tak sedikit anak muda yang mendapatkan keuntungan berlipat dan bisa sukses dari investasi ini. Membeli rumah atau jenis properti di daerah pinggiran akan lebih murah. Harga rumah di kawasan ini selain masih terjangkau, juga biasanya ada cicilan yang ringan.

jenis instrumen investasi macam investasi

Tidak perlu langsung ke lokasi yang strategis, kamu bisa memilih tanah atau rumah yang lokasinya di masa depan akan banyak diburu. Di masa mendatang, bisa saja harganya akan melonjak tinggi. Selain rumah, untuk yang berada di kota kota besar apartemen juga menjadi investasi properti yang menjanjikan. Untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat, kamu bisa menyewakannya. Perawatan properti ini juga tidak sulit hanya renovasi jika diperlukan.

2. Deposito Berjangka

Apabila kamu memiliki tujuan jangka panjang, maka investasi satu ini bisa dijadikan pilihan. Sistem deposito berjangka ini juga mudah dan sederhana bagi pemula. Kamu hanya perlu untuk menyimpan sejumlah dana dalam jangka waktu tertentu. Nantinya uang juga akan berkembang karena mendapatkan bunga dari waktu ke waktu. Namun kamu tidak bisa mengambil dana jika belum waktu yang telah disepakati untuk jenis instrumen investasi satu ini.

3. Resakdana

Untuk kamu yang ingin investasi dengan modal minim, reksadana bisa dijadikan altenatif. Di kalangan anak mudah, reksadana juga sangat populer. Umumnya, dengan modal Rp. 100 ribu saja kamu sudah bisa memulai investasi ini. Tingkat pengembaliannya terbilang cukup tinggi sampai 20%. Investasi satu ini juga sederhana, namun pastikan manajer investasi tersebut terpercaya. Mengingat resakdana juga bisa dilakukan secara online di masa sekarang.

4. Emas Batangan

Emas juga menjadi investasi yang aman dan cocok untuk pemula. Terutama setelah adanya tabungan emas yang disediakan lembaga seperti Pengadaian. Emas batangan menjadi yang paling disarankan, hal ini karena harganya lebih sering naik dibandingkan turun. Ketika inflasi terjadi, emas umumnya tidak akan berimbas. Inilah mengapa investasi emas dikatakan sebagai investasi yang aman dan memiliki keuntungan yang berlipat di masa mendatang.

jenis instrumen investasi yang perlu anda ketahui

5. P2P Lending

Peer to peer lending atau P2P Lending juga bisa dijadikan sebagai alternatif. Dimana P2P lending merupakan website yang akan mempertemukan peminjam dan pemberi pinjaman. Nantinya kamu akan bertindak sebagai kreditur atau pemberi pinjaman pada yang membutuhkan. Setiap bulannya kamu bisa mendapatkan dana karena mereka akan membayar dana yang dipinjam. Namun investasi ini cukup riskan karena tak jaminan mereka tidak akan kabur.

Ada banyak instrumen investasi yang bisa dilakukan sejak muda. Kamu hanya perlu untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Investasi dirasa lebih baik dibandingkan dengan produk kredit maupun asuransi. Sama sama menjamin masa depan, namun investasi akan memberikan keuntungan yang lebih besar. Selagi masih muda, memulai lebih cepat investasi yang sesuai maka keuntungan yang didapatkan juga akan semakin berlipat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *