Sudah Tahu Tanggal Merah 2020 yang Diganti? Yuk Simak di Sini

tanggal merah 2020 ini

Tanggal merah menjadi hari yang ditunggu tunggu untuk memulihkan semangat saat bekerja. Biasanya hari libur diisi dengan sekedar berkumpul bersama maupun mengunjungi tempat wisata. Meskipun hari libur nasional sudah ditetapkan oleh pemerintah menjelang tahun 2020. Namun, pemerintah melakukan revisi mengenai perubahan hari libur nasional mendekati pertengahan tahun. Berikut ini, beberapa perubahan tanggal merah 2020.

Daftar Hari Libur Nasional yang Direvisi

1. Penambahan Cuti Bersama Setelah Tahun Baru Islam

Tahun tahun sebelumnya, libur tahun baru islam hanya ditetapkan satu hari saja. Bahkan pemerintah juga sudah menetapkan sebelumnya jika tanggal merah tahun baru Islam jatuh pada tanggal 20 Agustus 2020. Namun, setelah rapat yang digelar pada tanggal 9 Maret 2020, pemerintah menambahkan hari libur salah satunya yaitu cuti bersama Tahun Baru Islam yang jatuh pada tanggal 21 Agustus. Dengan demikian, hari libur untuk memperingati Tahun Baru Islam menjadi 2 hari.

2. Penambahan Cuti Bersama Setelah Maulid Nabi Muhammad SAW

Selain itu, revisi mengenail hari libur nasional juga bisa dilihat di bulan Oktober. Awalnya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada tanggal 29 Oktober 2020. Dan setelah adanya rapat untuk melakukan revisi, pemerintah menambahkan tanggal merah untuk cuti bersama bagi para karyawan pada tanggal 30 Oktober. Sehingga libur untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi bertambah.

Kalender tahunan tanggal merah 2020 revisi

3. Penambahan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri

Revisi pada bulan Maret yang lalu, pemerintah memutuskan untuk menambah hari libur sehingga menjadi 24 hari. Salah satu penambahan ini yaitu cuti bersama setelah lebaran yang ditambah menjadi dua hari. Dengan demikian, tanggal merah 2020 untuk memperingati lebaran, menjadi lebih banyak dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya.

4. Pergeseran Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri

Cuti bersama setelah hari raya idul fitri merupakan salah satu momen yang dinanti nanti. Di hari yang spesial ini, sebagian besar masyarakat Indonesia akan mudik ke kampung halaman untuk melepas rindu bersama keluarga. Namun, karena kondisi di Indonesia sedang tidak stabil akibat penyebaran virus covid-19, pemerintah mengantisipasi dengan menggeser cuti bersama Hari Raya Idul Fitri. Tentunya ini juga meyelaraskan dengan pembatasan sosial berskala besar.

Awalnya cuti bersama ditetapkan setelah Hari Raya Idul Fitri. Namun setelah mengadakan rapat tingkat menteri melalui Video Conference, pemerintah mengganti cuti bersama Hari Raya Idul Fitri pada tanggal 28 hingga 31 Desember. Dimana pada saat tersebut, kemungkinan kondisi di setiap derah sudah stabil. Dengan demikian, penambahan cuti bersama selama dua hari masih diberlakukan meskipun digeser pada bulan Desember.

5. Penambahan Cuti Bersama Setelah Maulid Nabi Muhammad SAW

Sebenarnya ini bukan termasuk dari tanggal merah yang diganti, melainkan adanya cuti bersama sebelum Maulid Nabi Muhammad SAW, yaitu tanggal 28 Oktober 2020. Sehingga hari libur untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW masih sama yaitu jatuh pada tanggal 29 Oktober 2020. Meskipun pada tanggal 9 Maret, pemerintah sudah menetapkan adanya cuti bersama setelah Maulid Nabi Muhammad SAW sehingga hari libur menjadi 3 hari.

Hari libur nasional untuk peringatan hari hari besar sebenarnya tidak ada perubahan. Pemerintah hanya mengganti cuti bersama dan menambahkan beberapa hari libur nasional. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisir penyebaran virus corona akibat arus mudik. Adanya perubahan dan penambahan hari libur ini, diharapkan para karyawan menghabiskan libur lebaran di tempatnya masing masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *